Beranda | Artikel
Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala
Selasa, 27 November 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 20 Rajab 1438 H / 17 April 2017 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kajian Tentang Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasannya tidur adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang. Bahkan tidur adalah kebutuhan primer. Akan tetapi jika kita berbicara hukum tidur secara agama, maka hukum tidur adalah mubah yang berarti boleh. Jadi tidur dalam pandangan agama adalah boleh-boleh saja. Sesuatu yang hukumnya adalah mubah ini tidak mendatangkan pahala dan tidak mendatangkan dosa. Akan tetapi aktivitas yang hukumnya mubah ini apabila niat kita baik, maka bisa berubah menjadi aktivitas yang berpahala.

Contohnya adalah ketika hendak tidur, kita meniatkan agar fisik kita sehat, kalau sudah sehat maka kita akan semangat dalam beribadah kepada Allah. Maka selama kita tidur itu kita akan mendapatkan pahala. Padahal saat itu hanya tidur.

Aktivitas yang hukumnya mubah, kalau niatnya baik bisa berubah menjadi sebuah aktivitas yang mendatangkan pahala. Sebaliknya, kalau niatnya salah akan mendatangkan dosa. Misalnya tidur dengan niat agar besok kuat melakukan kemaksiatan-kemaksiatan. Tentu yang seperti ini akan mendapatkan dosa. Maka niat sangatlah penting. Apalagi tidur yang dilakukan sesuai dengan adab-adab yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yaitu pahala mengamalkan sunnah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan kita akan mendapatkan keuntungan duniawi. Ketika kita tidur sesuai dengan tuntunan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, fisik kita akan lebih segar dan kesehatan kita akan lebih stabil.

Karena adab-adab tidur ini menguntungkan duniawi dan ukhrawi, maka sebaiknya anak-anak kita biasakan untuk mempraktikkan adab-adab tersebut. Tentu orang tuanya terlebih dahulu yang praktik. Jangan sampai anak sudah diajarkan adab-adab tersebut sedangkan orang tuanya sendiri tidak mempraktikkan. Apa saja adab-adab tersebut?

Menit ke-07:40

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/45240-mengajarkan-adab-tidur-kepada-anak-agar-bernilai-pahala/